Home / Kabar Desa / Perbaiki Tata Kelola Pemerintah Desa, Pematang Tinggi Implementasikan SIDAK

Perbaiki Tata Kelola Pemerintah Desa, Pematang Tinggi Implementasikan SIDAK

Kabar Desa | Pematang Tinggi, Sebagai salah satu upaya perbaikan tata kelola pemerintahan di desa, Pemerintah Desa Pematang Tinggi Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan implementasikan Sistem Informasi Desa dan Kawasan [SIDAK] untuk tingkatkan pelayanan publik kepada warga desa.

Diakui oleh Kepala Desa Pematang Tinggi, Andi Agus sangat membutuhkan aplikasi SIDAK ini untuk memperbaiki Sistem dan Tata Kelola Pemerintahan Desa khususnya pada aspek data dan informasi kependudukan warga di desa. Karena selama ini data kependudukan yang ada di desa berserakan dimana-mana.

20170130_164546

“Kami sangat senang dengan hadirnya aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawaasan [SIDAK] ini, karena memang selama ini data dan informasi kependudukan warga desa kami belum tersusun dengan baik dan rapi. Dengan pemanfaatan teknologi ini kami sangat berharap dapat meningkatkan pelayanan publik kepada warga di desa dari sisi pelayanan publik terutama surat menyurat” ujar Andi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Pematang Tinggi pada Senin, 30 Januari 2017 yang dimulai pada pukul 14.00 Wib sampai dengan selesai. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan perangkat desa yang diberikan pengarahan dan pelatihan tata cara input dan pengelolaan dalam aplikasi SIDAK ini.

SIDAK ini sendiri dikembangkan oleh Para Penggiat Desa IT di Provinsi Riau yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pemerintah Desa dalam pengelolaan data dan informasi desa dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi.

Perwakilan perangkat desa yang juga menjabat Kelapa Urusan [Kaur] Pembangunan, Ari Miranto, mengatakan dengan penerapaan aplikasi SIDAK ini akan sangat bermanfaatn buat kami di Pemerintah Desa Pematang Tinggi dalam melakukan pelayanan publik terutama surat menyurat.

20170130_164553

“Dengan penerapan SIDAK di desa, kami lebih efisien dalam menghemat waktu pelayanan publik terutama surat menyurat kepada warga kami, karena tata kelola data dan infromasi kependudukan dan surat menyurat sudah memanfaatkan teknologi. Warga mau urus surat tak perlu menunggu lama, cukup 3 menit urusan selesa”, jawab Ari.

Terlihat para perangkat desa yang turut serta dalam pendalaman materi tentang tata cara aplikasi SIDAK ini sangat antusias dan mencoba mengikuti serta memahami penjelasan dan praktek langsung oleh pengembang SIDAK.

Semoga terwujud Desa Melek Informasi dan Teknlogi demi mendukung Tema HUT Provinsi Riau yaitu “Riau Go IT“.

bagikanShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Print this page

About admindesa

Check Also

DSCF0055

Tim Penasehat Presiden Blusukan ke Pematang Tinggi

Hari yang bersejarah bagi desa pematang tinggi, pada hari Jumat tanggal 31 mart 2017 bertempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>